Minggu, 15 Januari 2012

tugas 3 softskill

Soal:

Carilah dari berbagai sumber ( internet, buku, makalah maupun majalah) perusahaan yang sedang melakukan kegiatan pengorganisasian. Setelah anda peroleh kasus yang di maksud, tulislah dalam tugas anda serta uraikanlah kegiatan pengorganisasian dari perusahaan tersebut.

Jawab:

Contoh Kasus
                                                        PT. Bukit Baiduri Energi
PT. Bukit Baiduri Energi adalah perusahaan tambang batubara di Kalimantan Timur dengan luas wilayah kuasa penambangan 4.081 ha. Lokasi penambangan menjadi sorotan masyarakat karena dekat dengan permukiman dan sungai Mahakam. Dampak yang timbul adalah perubahan alam dan kualitas lingkungan yang menurun karena pencemaran akibat udara, debu, kebisingan, tanah, limbah B3 dan air limbah dan terganggunya habitat satwa serta reklamasi yang kurang optimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan lingkungan yang dilakukan PT. Bukit Baiduri Energi di Kalimantan Timur.Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan pada karyawan tetap PT. Bukit Baiduri Energi. Pengumpulkan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan lingkungan telah dilakukan dengan baik, namun masih terdapat kekurangan dalam menjaga kebersihan lingkungan, seperti ceceran oli dan solar, (2) pengelolaan lingkungan yang dilakukan sudah sesuai yang ditulis dalam RKL/RPL, namun masih ada kegiatan yang tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu pemantauan satwa, (3) uji laboratorium kualitas air limbah menunjukkan dibawah ambang batas baku mutu, namun pada kolam pengendapan masih dari tanah dengan perlakuan sederhana dikhawatirkan air limbah terserap kedalam tanah dan terbuang ke sungai, (4) PROPER mampu meningkatkan ketaatan manajemen perusahaan terhadap pengelolaan lingkungan. Untuk memperbaiki kondisi tersebut dapat dilakukan yaitu (1)
meningkatkan pengelolaan lingkungan sesuai SOP sebagai komitmen manajemen internal sehingga akan mampu menjadi perusahaan yang berwawasan lingkungan, (2) Pemantauan satwa agar dilaksanakan lebih intensif untuk memperoleh data jumlah keanekaragaman hayati, (3) hasil pengujian air limbah berada dibawah baku mutu masih perlu diperhatikan secara konsisten dan diawasi agar air limbah yang dibuang ke sungai Mahakam tidak mencemari lingkungan, (4) manajemen pengelolaan lingkungan yang lebih baik, diusulkan agar pihak manajemen perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya terhadap hukum pengelolaan
lingkungan dengan diawasi oleh peran kedua unsur stakeholders, yaitu pemerintah dan masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan.
tujuan :
Pembangunan industri pada sektor usaha bidang pertambangan batubara adalah suatu upaya pemerintah dalam meningkatkan devisa negara dan bila ditinjau dari segi pola kehidupan masyarakat sangat berhubungan langsung dengan peningkatan kebutuhan barang dan jasa, pemakaian sumber-sumber energi, dan sumber daya alam. Penggunaan sumber daya alam secara besarbesaran tanpa mengabaikan lingkungan dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif yang terasa dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Pembangunan berkelanjutan merupakan suatu upaya dan pendekatan dalam pemanfaatan sumber daya alam yaitu suatu pembangunan yang berusaha memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar