Minggu, 15 Januari 2012

tugas 4 softskill

1. Seorang pemimpin mempunyai tugas dan peranan di dalam mengarahkan dan mempengaruhi. Jelaskan apa yang diarahkan dan harus dipengaruhi oleh seorang pemimpin


jawab :

kepemimpinan merupakan suatu upaya dari seorang pemimpin untuk dapat merealisasikan tujuan organisasi melalui orang lain dengan cara memberikan motivasi agar orang lain tersebut mau melaksanakannya, dan untuk itu diperlukan adanya keseimbangan antara kebutuhan individu para pelaksana dengan tujuan.
secara internal seorang pemimpin harus dapat menggerakkan anggota sedemikian rupa sehingga tujuan dapat dicapai. Seorang pemimpin harus dapat memahami kelebihan dan kekurangan anggotanya, sehingga dapat menentukan penugasan yang harus diberikan kepada setiap anggotanya. pemimpin harus mempunyai
kemampuan interpersonal serta teknik komunikasi yang baik sehingga dapat memotivasi anggotanya dan mempengaruhi auditee dengan baik.

2. Didalam melakukan kegiatan pengendalian seorang pimpinan perlu memiliki standar penilaian terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Standar apakah yang digunakan oleh pimpinan Universitas Gunadarma dalam mengendalikan kegiatan perkuliahan ? jelaskan jawaban anda !
Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

jawab :

standar penilaian : standar penilaian bertujuan untuk mengatur nilai nilai mahasiswa , sehingga universitas dapat menentukan sejauh mana kemampuan dan indeks prestasi mahasiswa yang dapat di lihat dari standar penilaian yang di tetap kan oleh pimpinan universitas gunadarma .

standar pengajaran : standar pengajaran bertujuan untuk mengatahui pokok pokok materi apa yang harus di ajarkan dalam proses mengajar, sehingga materi yang di terima oleh mahasiswa bisa di terima dengan baik .

standar dosen : standar dosen bertujuan untuk mengetahui kemampuan suatu dosen dalam menguasai materi yang akan di ajarkan  kepada mahasiswa , sehingga pemimpin gunadarma dapat mengetahui sejauh mana kemampuan dosen dalam memberikan materi .

3. Seorang karyawan yang sebelumnya sangat antusias dalam bekerja dalam suatu tim yang menangani suatu proyek tiba tiba menjadi begitu apatis bahkan meminta mundur dari tim proyek, padahal karyawan tadi kontribusinya cukup besar bagi suksenya proyek tersebut.
Berdasarkan uraian diatas menurut anda kira kira mengapa hal tersebut bisa terjadi ? bila anda sebagai penangung jawab proyek apa yang semestinya anda lakukan ?

jawab :
mungkin kurangnya motivasi dan arahan dari pimpinan sehingga terjadi perbedaan yang cukup tajam. kurangnya komunikasi dalam suatu tim sehingga hal yang telah di tetapkan dalam perencanaan dan perogranisasian tidak dapat terealisasikan ..

upaya yang saya lakukan sebagai penanggung jawab proyek adalah mendorong dan memotivasi karyawan itu agar mau melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama dengan memberi pelayanan yang baik, memposisikan diri saya sebagai konsultan yang baik kepada anggota tim dan cenderung memberi kewenangan dan pengarahan kepada anggota untuk mengambil keputusan .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar